info.sugismart@gmail.com

Sugi Smart Solution ( IT Consultant )

Kumpulan Aplikasi Bisnis Berbayar dan Gratis

Sabtu, 26 Mei 2018

Pengenalan Firebird

Apa itu Firebird ? 

Firebird (juga disebut FirebirdSQL) adalah sistem manajemen basisdata relasional yang menawarkan fitur-fitur yang terdapat dalam standar ANSI SQL-99 dan SQL-2003. RDBMS ini dapat dijalankan di berbagai platform sistem operasi klien dan server, termasuk Windows, Linux dan beberapa platform UNIX lainnya, termasuk FreeBSD dan Mac OS X. Firebird di diarahkan dan di-maintain oleh FirebirdSQL Foundation. Ia merupakan turunan dari Interbase versi open source milik Borland.

Lisensi Firebird 
Penggunaan Firebird diatur oleh dua lisensi: IPL (InterBase Public License) dan IDPL (Initial Developer's Public License). Kedua lisensi tersebut merupakan versi modifikasi dari Mozilla Public License 1.1.

Yang pertama mencakup bagian-bagian kode sumber yang diwarisi dari Interbase; yang kedua berlaku untuk penambahan dan perbaikan yang dilakukan oleh Proyek Firebird. Kedua lisensi menawarkan hak dan batasan yang sama.

Fitur-Fitur Firebird 

Firebird dirancang khusus untuk digunakan di jaringan area lokal dan luas. Dengan demikian, firebird terdiri dari 2 program software utama, yaitu Database Server, yang berjalan pada Host Jaringan Komputer, dan Client Library, yang berjalan melalui para pengguna workstation yang saling terhubung dan berkomunikasi dengan database yang dikelola oleh server.

1. Versi Firebird
Firebird terus dikembangkan dari versi-versi sebelumnya, dengan menambahkan modul baru dan koreksi dari versi sebelumnya. Untuk melihat versi terbaru, silahkan kunjungi website firebirdsql.org

2. Akses Jaringan
3. Multi-generational Architecture
4. Transactions
Sebuah perintah dimulai dengan START TRANSACTION dan diakhiri oleh COMMIT atau ROLLBACK. User dapat membuat beberapa perintah dalam 1 transaksi, meliputi perintah yang diambil lebih dari 1 database. Perintah disimpan ke database dalam 2 tingkat. Tingkat pertama, perubahan disimpan ke dalam disk, tanpa mengubah keadaan database. Dan pada tingkat kedua, perubahan di COMMIT atau di ROLLBACK oleh proses client.

5. Stored Procedures and Triggers
6. Referential Integrity
7. Database Shadowing
8. Security
    a. Host Security
    b. SQL Privileges
    c. Operating Modes
    d. Classic Server
    e. Superserver
    f. Embedded Server

9. The Sample Database
10. Document Conventions
11. Syntax Patterns
12. Special Symbols

Tidak ada komentar:
Write komentar